Blog
zoom_icon_secondary
blog_detail_back_mobile

Kembali

Disbursement Sebagai Layanan Pembayaran untuk Mengirim Dana dalam Kegiatan Bisnis

ifortepay-blog-author-logo

by iFortePay

Jan 22, 2024

Informasi


6 menit read

Disbursement kemungkinan belum menjadi istilah pembayaran yang umum digunakan dalam transaksi sehari-hari. Namun, tahukah Anda kalau layanan pembayaran ini bisa membantu aktivitas bisnis Anda menjadi lebih efektif? Terutama saat mengirim dana untuk mendukung kelancaran transaksi bisnis.

Misalnya, mengirim dana ke berbagai supplier. Anda tidak perlu lagi mengirim satu per satu ke berbagai tujuan dengan teknologi yang satu ini. Lalu, bagaimana cara kerjanya? Apa saja manfaatnya untuk bisnis Anda? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan di bawah ini.

Disbursement Adalah

Dalam bidang akuntansi, disbursement merupakan kegiatan pencairan uang dari rekening bank ke pihak ketiga yang terlibat dalam transaksi. Sementara, dalam konteks industri pembayaran, disbursement merujuk pada layanan yang digunakan untuk mengirimkan dana ke berbagai rekening tujuan sekaligus.

Pada skala bisnis yang baru dirintis, mungkin saja layanan ini belum menjadi perhatian utama. Namun, pada bisnis yang sudah lebih berkembang, layanan pembayaran tersebut bisa membantu mengoptimalkan proses operasional hingga mengurangi kesalahan data.

Layanan disburse bisa menjadi bagian dari cash flow sebuah bisnis karena membantu mencatat pengeluaran harian hingga bulanan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau brand. Jika semakin besar uang yang digunakan untuk disburse dibandingkan uang masuk yang diterima, hal ini tentu mengindikasikan adanya kerugian dalam bisnis.

Baca juga: Rekber Adalah Rekening Bersama yang Digunakan untuk Kelancaran Transaksi

Cara Kerja

disbursement-adalah

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas terhadap layanan pembayaran yang satu ini, mari kita pahami bersama tentang cara kerjanya. Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa disbursement adalah pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk tunai atau setara kas selama jangka waktu tertentu, seperti triwulan atau satu tahun.

Pihak yang bertanggung jawab dalam proses ini akan mencatat setiap transaksi dan menghimpunnya ke satu atau lebih buku besar, seperti jurnal pengeluaran kas dan buku besar. Setiap transaksi pengeluaran akan dicatat dengan rinci, mulai dari tanggal pembayaran, nama penerima, nominal uang, metode pembayaran, hingga tujuan dari pembayaran tersebut.

Adanya disbursement dalam layanan pembayaran memungkinkan proses pencatatan dan pembayaran yang rumit menjadi lebih mudah dan otomatis. Pada umumnya, pemilik bisnis cukup menyediakan file khusus dari daftar pembayaran yang akan dilakukan sesuai dengan template yang tersedia.
Kemudian mengunggahnya dalam dashboard dari layanan pembayaran tersebut. Selanjutnya, data dari file tersebut dapat terekam ke dalam sistem dan pembayaran dapat dilakukan dengan lebih mudah dalam sekali klik ke berbagai tujuan sekaligus.

Hal ini tentunya mempermudah pemilik bisnis atau karyawan terkait dalam melakukan pembayaran massal karena tidak perlu bolak-balik memeriksa mutasi dan menginput data pembayaran satu per satu ke internet banking atau mobile banking.

Lalu, dana pembayaran yang dilakukan bersumber dari mana? Nah, biasanya Anda akan dapat melakukan top-up saldo terlebih dahulu ke dalam sistem. Kemudian Anda dapat memproses transaksi pembayaran sesuai dengan saldo yang tersedia.

Setiap dana pengeluaran dapat tercatat otomatis dan real-time sehingga mengurangi kemungkinan adanya kesalahan data hingga potensi penyalahgunaan dana oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Contoh Disbursement

Selanjutnya, mari kita bahas tentang contoh dari layanan pembayaran yang satu ini. Anda dapat menyesuaikan kebutuhan Anda dengan berbagai contoh berikut agar dapat memahami aplikasi nyata dari layanan ini. Berikut penjelasannya:

Payroll

Payroll atau pembayaran gaji karyawan adalah pengeluaran yang dilakukan rutin setiap bulan. Dalam skala bisnis yang besar, karyawannya bisa berjumlah ratusan bahkan ribuan. Pembayaran dana secara manual tentu akan menyita waktu.

Dengan adanya layanan pembayaran ini, Anda dapat menginput data sesuai kebutuhan melalui file dan pembayaran dapat dilakukan sekaligus. Langkah ini mencegah keterlambatan pembayaran gaji karena kesalahan data atau sistem yang tidak terstruktur.

Pembayaran Supplier

Jumlah supplier dalam sebuah bisnis bisa lebih dari satu atau bahkan puluhan hingga ratusan. Pembayaran jenis ini juga bisa dilakukan secara berkala dalam periode tertentu. Anda bisa memanfaatkan layanan pembayaran untuk mengirim dana pembayaran ke supplier yang beragam.

Refund

Kemudian, disbursement juga membantu proses refund atau pengembalian dana ke pelanggan. Jumlah dana tersebut bisa dilakukan hingga dalam jumlah yang besar dan dapat dilakukan dengan lebih aman serta terpercaya menggunakan sistem yang tersedia.

Baca juga: Kenali Payment: Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Hingga Manfaatnya untuk Bisnis

Kenapa Disbursement Penting?

Tidak semua bisnis memerlukan layanan ini, tapi tentu layanan pembayaran satu ini bisa bermanfaat bagi bisnis yang tepat. Setelah memahami pengertian, cara kerja, hingga contoh penggunaan layanan pembayaran disbursement, berikut ini adalah alasan kenapa layanan ini penting bagi bisnis Anda:

1. Cepat dan Praktis Memproses Transaksi

Waktu adalah uang, hal ini tentu juga berlaku dalam bisnis. Pemilik bisnis bisa menghemat banyak waktu dan tenaga dengan memanfaatkan teknologi untuk melakukan proses pembayaran.

Pengiriman dana dan pencatatan transaksi dilakukan dengan lebih cepat dan praktis sehingga pemilik bisnis bisa menggunakan waktu yang tersedia untuk aktivitas bisnis strategis dan meningkatkan produktivitas bisnis secara umum.

2. Proses Aman

Sistem layanan pembayaran yang tersedia membantu bisnis untuk merancang daftar pengeluaran setiap periode, sehingga perencanaan keuangan bisa lebih matang dan aman untuk dilakukan. Selain itu, data yang tersedia juga lebih akurat karena ditunjang oleh sistem otomatis.

3. Mempermudah Audit

Data audit pada umumnya membutuhkan transaksi lampau yang sudah dilakukan dalam periode tertentu. Jika Anda memerlukan data tersebut dalam proses audit, tentunya akan lebih mudah didapatkan karena semua data tercatat dengan lebih rapi dan dapat diakses sesuai kebutuhan Anda, misalnya dengan filter jangka waktu tertentu.

Memilih layanan pembayaran yang tepat tentu diperlukan agar seluruh transaksi dapat dilakukan dengan benar dan aman, termasuk dalam pembayaran pengeluaran bisnis. Pemilik bisnis bisa menggunakan layanan disbursement dari iFortepay yang telah berlisensi dari Bank Indonesia.

Anda dapat mengelola seluruh transaksi dalam dashboard terintegrasi yang menghimpun data transaksi Anda secara real-time. Anda dapat melakukan konsultasi secara gratis terkait kebutuhan pembayaran Anda bersama tim sales kami yang berpengalaman dengan klik di sini atau email ke sales@ifortepay.id. Pelajari disbursement selengkapnya >>>

blog_detail_back_mobile

Kembali


See another articles from iFortepay