Blog
zoom_icon_secondary
blog_detail_back_mobile

Kembali

Payment Link Adalah: Berikut Cara Kerja, Keuntungan, dan Contohnya

ifortepay-blog-author-logo

by iFortePay

Dec 20, 2023

Informasi


5 menit read

Payment link adalah sebuah link atau tautan yang terhubung dengan metode pembayaran online. Teknologi ini menjadi solusi yang lebih mudah dan praktis dalam menjalankan transaksi digital, khususnya untuk bisnis online.

Bagi pemilik bisnis skala kecil dan menengah, payment link adalah jenis pembayaran yang sesuai karena proses aktivasinya yang relatif mudah. Penasaran tentang keuntungan dan cara penggunaan metode pembayaran yang satu ini? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut.

Payment Link Adalah

Dalam teknologi pembayaran, payment link adalah tautan yang terhubung dengan halaman pembayaran dan mempunyai satu atau lebih metode pembayaran online. Tautan tersebut dapat digunakan untuk menerima pembayaran. Pelanggan bisa mengakses link tersebut untuk melakukan pembayaran menggunakan metode pembayaran yang diinginkan.

Pada umumnya, payment link dibuat berdasarkan data invoice atau tagihan sesuai dengan transaksi antara penjual dan pembeli. Sehingga, link pembayaran tersebut biasanya hanya dapat digunakan untuk membayar satu invoice saja.

Bahkan pada beberapa link pembayaran yang lebih canggih, akan menyediakan opsi masa kedaluarsa link untuk meningkatkan urgensi pelanggan dalam melakukan pembayaran. Payment link dapat diakses dengan mudah melalui browser oleh pelanggan tanpa perlu melakukan login atau register akun.

Cara Kerja Payment Link

cara-kerja-payment-link

Payment link adalah link pembayaran yang dirancang untuk membuat transaksi pembayaran online menjadi lebih mudah dan sederhana. Salah satu keunggulan utama dari pembayaran ini adalah aktivasinya yang mudah karena tidak memerlukan integrasi. Sehingga cocok untuk bisnis kecil dan menengah dengan sumber daya yang masih terbatas.

Cara kerja payment link diawali dengan penjual yang membuat akun pada layanan penyedia payment link. Setelah akun terverifikasi, penjual bisa membuat invoice melalui aplikasi mobile atau website dashboard yang berisi nominal tagihan dan detail data pelanggan.

Selanjutnya, penjual bisa membagikan invoice tersebut dalam bentuk payment link ke pelanggan. Kemudian, pelanggan dapat klik dan akses link tersebut melalui browser yang akan diarahkan ke halaman pembayaran. Pelanggan bisa membayar nominal tagihan sesuai dengan metode pembayaran yang telah disediakan penjual.

Dana pembayaran pelanggan akan masuk ke bank partner dari penyedia layanan pembayaran. Selanjutnya, dana tersebut akan dicairkan oleh penyedia layanan pembayaran ke rekening penjual. Oleh karena itu, penjual wajib melakukan verifikasi akun untuk mengidentifikasi rekening yang digunakan untuk pencairan dana.

Keuntungan Payment Link

Setelah memahami pengertian dan berbagai informasi dasar mengenai link pembayaran, mari kita bedah tentang berbagai manfaat dari teknologi yang satu ini. Berikut penjelasannya:

1. Terima Pembayaran Cepat dan Aman

Teknologi link pembayaran ini memberikan akses untuk menerima pembayaran dengan lebih cepat karena bebas proses integrasi dan pelanggan dapat membayar tanpa perlu login atau register akun.

2. Terhubung dengan Berbagai Pembayaran

Link pembayaran dapat terhubung dengan lebih dari satu metode pembayaran dalam halaman pembayaran. Sehingga penjual tidak perlu membuat berbagai link berbeda untuk metode pembayaran yang berbeda-beda.

Penjual juga bisa memilih metode pembayaran apa saja yang ingin disediakan untuk pelanggan dalam payment link. Misalnya kartu kredit atau debit, virtual account, e-wallet, QR code, dan lain sebagainya.

3. Kelola Transaksi Real-time

Proses automasi dalam teknologi pembayaran online ini memungkinkan penjual untuk memantau transaksi secara real-time. Adanya sistem yang terintegrasi juga membuat pemilik cukup mengakses satu dashboard untuk semua pembayaran, kapan pun dan di mana pun.

4. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Adanya pembayaran online dalam bisnis turut meningkatkan kepercayaan pelanggan karena pelanggan tidak langsung membayar ke rekening personal. Langkah ini membuat bisnis Anda terlihat lebih profesional dan kredibel di mata pelanggan.


Contoh Penggunaan Payment Link

contoh-penggunaan-payment-link

Payment link cocok digunakan oleh berbagai jenis industri bisnis. Misalnya, bisnis pariwisata, penyewaan hotel dan villa, fashion, consignment, FnB, dan masih banyak lainnya.

Mari ulas contoh penggunaan payment link untuk membantu Anda memahami teknologi pembayaran ini. Gambar di atas adalah contoh penggunaan untuk bisnis penyewaan villa. Pelanggan dapat membayar untuk pemesanan villa menggunakan link pembayaran.

Pengelola villa dapat membuat tagihan dengan mengisi total nominal untuk pemesanan villa, kemudian mengirimkan tagihan dalam bentuk link pembayaran ke pelanggan melalui chat WhatsApp. Langkah ini memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal tanpa perlu mengakses website untuk memesan.

Selanjutnya, pelanggan dapat klik link pemnayaran dari chat WhatsApp lalu akan diarahkan ke halaman pembayaran dalam browser. Tersedia berbagai metode pembayaran yang dapat dipilih pelanggan untuk membayar tagihannya. Pengelola villa dapat mengatur metode pembayaran apa saja yang akan disediakan untuk pelanggan.

Setelah pembayaran pelanggan berhasil, pengelola villa akan mendapatkan notifikasi real-time dan dapat memantau keseluruhan transaksi melalui dashboard yang tersedia. Pencatatan otomatis ini membuat pelanggan tidak wajib mengirim bukti pembayaran karena pembayaran dari berbagai metode dapat dipantau dalam satu halaman oleh pengelola villa.

Tingkatkan Efektivitas Transaksi Bersama iFortepay

iFortepay menyediakan layanan payment link yang dapat diakses melalui Instapay by iFortepay. iFortepay adalah penyedia solusi pembayaran end-to-end yang mempunyai lisensi payment gateway. Pemilik bisnis dapat mengelola transaksi bisnis menggunakan Instapay by iFortepay yang tersedia dalam aplikasi mobile dan website desktop.

Berikan alur pembayaran yang lebih mudah untuk pelanggan dan kelola seluruh transaksi masuk dengan efektif melalui dashboard terintegrasi. Gunakan seluruh fitur Instapay by iFortepay tanpa biaya langganan, cukup biaya per transaksi yang sudah dibayar pelanggan. Pelajari Instapay by iFortepay selengkapnya >>

Payment link adalah teknologi yang potensial untuk membantu transaksi bisnis Anda jadi lebih cepat, aman, dan efektif. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis Anda!

blog_detail_back_mobile

Kembali


See another articles from iFortepay