Blog
zoom_icon_secondary
blog_detail_back_mobile

Kembali

Kenali Riset Pasar dan Cara Melakukannya untuk Bisnis Anda

ifortepay-blog-author-logo

by iFortePay

Dec 20, 2023

Informasi


6 menit read

Riset pasar dilakukan sebagai langkah riset dasar untuk bisa menjalankan bisnis yang terarah dan meningkatkan potensi keberhasilan dari strategi serta kebijakan bisnis yang dibuat. Hal ini terjadi karena strategi dan kebijakan yang dibuat mempertimbangkan data yang terpercaya sehingga mampu menggambarkan kondisi pasar yang sebenarnya.

Namun, belum semua pemilik bisnis memahami riset yang satu ini, khususnya pelaku bisnis pemula. Tenang, iFortepay telah merangkum berbagai informasi penting seputar riset pasar, termasuk pengertian dan cara aplikasinya. Baca sampai akhir, yuk!

Pengertian Riset Pasar

Mari awali pembahasan ini dengan memahami pengertiannya terlebih dahulu. Riset pasar adalah proses yang dilakukan untuk mengevaluasi kelayakan sebuah produk atau layanan baru melalui penelitian yang dilakukan secara langsung dengan calon pelanggan potensial.

Proses riset yang juga dikenal dengan market research ini memungkinkan perusahaan untuk menentukan target pasar dengan tepat dan mendapatkan data atau informasi yang bersumber dari calon pelanggan. Misalnya tentang minat mereka terhadap suatu produk atau layanan, kebutuhan pelanggan, hingga tren produk yang sedang diminati.

Berbagai informasi tersebut bisa menjadi landasan valid bagi bisnis untuk membantu membuat keputusan strategis dan mempunyai gambaran bagaimana penerimaan produk yang ditawarkan di mata pelanggan. Riset tersebut dapat dilakukan secara mandiri oleh pemilik bisnis atau bisa menggunakan pihak ketiga yang mempunyai spesialisasi dalam bidang tersebut.

Berikut beberapa lingkup dari riset pasar yang umum digunakan:

  • Pelanggan: untuk memahami perilaku dan kebutuhan pelanggan.
  • Produk: meliputi kegunaan, desain, nilai, dan pengembangan produk.
  • Harga jual: digunakan untuk mengukur peluang dan daya beli pelanggan terhadap produk yang ditawarkan.
  • Pemasaran: menentukan channel dan strategi pemasaran yang tepat untuk target pelanggan.
  • Distribusi: Menganalisis efektivitas alur distribusi yang dipilih untuk pelanggan.

Jenis Riset Pasar

jenis-riset-pasar

Secara umum, terdapat berbagai jenis market research yang dapat dilakukan pemilik bisnis untuk mendapatkan informasi yang akurat bagi bisnisnya. Berikut ini beberapa jenis market research umum yang dapat Anda pilih:

1. Wawancara Tatap Muka

Jenis riset pasar ini adalah salah satu yang paling konvensional. Pemilik bisnis harus bertemu langsung dengan calon pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengunjungi lokasi yang sering dikunjungi calon pelanggan, kemudian melakukan wawancara langsung di lokasi tersebut, atau biasa dikenal dengan street interview.

Salah satu contoh aktivitas riset yang bisa dilakukan adalah memberikan pertanyaan terkait sebuah materi iklan. Pelanggan akan diminta pendapatnya tentang materi iklan tersebut dan seberapa membekas materi tersebut di benak pelanggan.

2. Focus Group Discussion

Berbeda dengan wawancara tatap muka yang pada umumnya dilakukan dengan calon pelanggan satu per satu, Focus Group Discussion (FGD) dapat dilakukan dengan sekelompok kecil calon pelanggan sekaligus.

Kelompok pelanggan tersebut dapat diberi pertanyaan yang beragam sesuai kebutuhan bisnis. Contohnya dengan menampilkan sebuah video iklan produk. Perwakilan calon pelanggan tersebut akan dimintai pendapat dan persepsi mereka terhadap produk atau brand yang ditampilkan.

3. Survey

Jenis market research ini dapat dilakukan untuk menjangkau calon pelanggan dalam jumlah yang lebih besar. Riset ini dapat menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu bertatap muka dengan pelanggan secara langsung.

Pemilik bisnis perlu menyediakan formulir online yang dapat diisi calon pelanggan. Persiapkan daftar pertanyaan dengan teliti agar data yang diperoleh akurat dan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Untuk meningkatkan minat partisipasi calon pelanggan, Anda bisa menawarkan hadiah sederhana seperti voucher atau uang tunai.

4. Phone Interview

Phone interview adalah bentuk modifikasi dari wawancara tatap muka. Anda tetap dapat melakukan pembicaraan langsung dengan calon pelanggan, tapi tidak perlu bertatap muka. Pastikan pihak yang akan diwawancarai adalah representasi yang tepat dari calon pelanggan yang diinginkan.

Cara Melakukan Market Research

Nah, setelah mengetahui pengertian hingga jenis market research, kini saatnya kita memahami bersama tentang cara melakukan market research yang tepat. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Tentukan Tujuan Riset

Langkah pertama yang dapat dilakukan dalam riset ini adalah menentukan tujuan dari riset tersebut. Setiap riset yang dilakukan harus mengetahui tujuan yang jelas dan rumusan masalah yang dirumuskan dengan tepat.

Tujuan yang jelas juga membantu Anda untuk mendapatkan data yang akurat dan spesifik sesuai dengan apa yang ingin dicapai bisnis Anda. Misalnya, brand recognition, preferensi pelanggan, marketing campaign, dan lain sebagainya.

2. Tentukan Target Partisipan

Setelah mengetahui tujuan riset yang ingin dicapai, Anda dapat menentukan siapa yang menjadi target partisipan dari riset pasar tersebut. Hal ini harus dirumuskan dengan seksama agar data yang diperoleh sesuai dan sumber daya yang dikeluarkan tepat guna.

Target partisipan ini tentunya mengacu pada target pasar bisnis Anda. Namun, Anda dapat menentukan kembali kelompok target pasar mana yang ingin Anda tuju pada riset yang akan dijalankan.

3. Pilih Jenis Market Research

Selanjutnya, Anda dapat memilih jenis market research yang akan dijalankan. Di bagian pembahasan sebelumnya telah dijabarkan empat jenis market research yang umum dilakukan. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda serta tim yang terlibat dalam riset tersebut.

4. Kumpulkan dan Analisis Data

Setelah market research dilakukan, kumpulkan seluruh data dan informasi untuk dilakukan analisis. Bandingkan demografi dan profil pelanggan dengan jawaban yang diberikan, selanjutnya Anda dapat mengolahnya untuk menjadi informasi penting bagi perusahaan.

Informasi tersebut dapat menjadi dasar bagi sebuah bisnis untuk membuat strategi di masa depan. Misalnya dalam menentukan strategi campaign, penentuan pengembangan produk, peluncuran layanan baru, hingga alur layanan pembayaran yang dibutuhkan pelanggan.

Anda dapat menyesuaikan alur dan metode pembayaran sesuai kebutuhan pelanggan menggunakan layanan payment gateway dari iFortepay. iFortepay adalah penyedia solusi pembayaran end-to-end yang mempunyai lisensi payment gateway.

Layanan ini memungkinkan bisnis Anda untuk terhubung dengan berbagai online payment sekaligus tanpa melakukan integrasi ke berbagai bank satu per satu. Pelajari online payment selengkapnya >>>

Demikian ulasan tentang riset pasar termasuk pengertian, jenis, dan cara melakukannya untuk bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis Anda. Terima kasih sudah membaca!

blog_detail_back_mobile

Kembali


See another articles from iFortepay